Kelebihan Mendasar Klikdesa.com dibanding Website Desa Biasa

tampilan desa di klikdesa.com

Akhir-akhir ini banyak sekali pertanyaan mengenai perbedaan mendasar klikdesa.com yang sudah di desain menjadi rumah bagi 74.900 an desa di Indonesia dengan website desa biasa.  Saya sering dihadapkan pada pertanyaan yang sama ketika berkunjung ke desa-desa mulai dari  Aceh Jaya, Ke Pidie Jaya, Medan, Padang, Riau, Lampung Barat, Subang, Garut,  Cirebon dan desa lain di Jawa, Sulawesi dan Papua.  Baiklah langsung saja kita jawab, inilah perbedaan mendasarnya:

 

  1. Di klikdesa, bukan sekedar web tapi juga aplikasi pengolah data desa. Tentu lebih lengkap dibandingkan dengan website desa biasa yang hanya  menampilkan  data desa tetapi tidak dilengkapi dengan aplikasi mengolah data.   Di klikdesa setiap desa diberi username dan password masing-masing.   Setiap data peta yang diinput oleh masing-masing desa  betul betul diolah, dijumlahkan, disajikan dalam bentuk tabel dan peta.  Kecamatan tentu saja bahagia, kabupaten apalagi karena akan mengurangi biaya pengumpulan dan pengolahan data. Dengan data terolah tersebut  akan sangat membantu kecamatan, membantu kabupaten dan pemerintah pusat.

  1. Di klikdesa.com ada data terolah berupa tabel per desa, per kecamatan, per kabupaten sampai dengan skala nasional. Sangat lengkap, data sebaran lokasi sarana stakeholder di tiap kecamatan dan kabupaten lengkap telah disediakan formatnya. Data tabel di klikdesa dapat melihat sebaran sarana pertanian, sarana olahraga, pendidikan, olahraga dan data seluruh SKPD yang ada di Kabupaten kota by name by adress, karena data disertai dengan koordinatnya.

  1. Di klikdesa semua data strategis penggunaan lahan dapat kita tambahkan di dalam peta desa, dari mulai data kampung, data lokasi RW, data tempat terkenal di desa atau bahkan data lokasi pedagang gas dan data stakholder apapun dapat ditulis di klikdesa. Dengan demikian warga lebih mengetahui sebaran RW masing-masing, batas desa, dan data tata ruang desa lebih lengkap.

  1. Di klikdesa semua desa terhubung (merelasi datanya secara online), bukan saja dengan desa tetangga, tetapi dengan desa lain di seluruh Indonesia. Keterhubungan data antar desa dalam dunia digital sangat penting.Web desa umumnya mandiri, datanya tidak terhubung (merelasi ) dengan web desa tetangga, dengan kecamatan, atau dengan kabupaten.  Sehingga Bupati dan Camat  atau warga jika ingin melihat data di web desa harus  harus mencari alamat web satu satu perdesa, kondisi ini akan sangat merepotkan.
Tampilan tataguna lahan kecamatan di klikdesa

Tampilan tataguna lahan kecamatan di klikdesa

  • Validitas data peta lebih kuat, walaupun dari sisi lengkap tergantung dari pengisian. Dalam peta desa online seluruh data yang diinput dapat kita telusur koordinatnya, antara lain:
  • Data lokasi pendidikan by name by address
  • Data lokasi sarana kesehatan by name by address (nama dan koordinat)
  • Data lokasi kampung by name by address
  • Data lokasi pasar desa by name by address
  • Data lokasi sarana olahraga by name by address
  • Data lokasi sarana ekonomi by name by address
  • Data lokasi UMKM by name by address
  • Data lokasi MIGAS by name by address
  • Data lokasi sarana pertanian by name by address
  • Data lokasi sarana peternakan by name by address
  • Data lokasi sarana perikanan by name by address
  • Data lokasi sarana pemerintahan by name by address
  • Dan yang lainnya

  1. SKPD seperti dinas pertanian dinas kesehatan dinas pendidikan dinas peternakan dan dinas lainnya tidak mendapatkan data penting dari web desa.  Sebaliknya seluruh SKPD sangat dibantu oleh klikdesa karena data  sebara sarana pertanian untuk dinas pertanian, data  sebaran bidan, sebaran doktor, sebaran puskesmas untuk dinas kesehatan tersedia sampai dengan lokasi koordinatnya.  Demikian halnya data lapang bola, lapang volley, data GOR dan bumi perkemahan disajikan di klikdesa dalam bentuk tabel dan peta secara detail  untuk dinas Pemuda dan Olahraga.

  1. Fitur aplikasi peta berbasis GIS di klikdesa sangat lengkap. Fasilitas peta desa secara online cukup full fitur diantaranya membetulkan batas desa (menandai secara online), mengukur luas lahan per tataguna lahan, status lahan, juga mengenai data peta lainnya.

 

Tampilan RT dan RW di Klikdesa

Tampilan RT dan RW di Klikdesa

8. Fitur-Fitur Tambahan yang sudah disediakan juga sangat bermanfaat antara lain adalah sebagai berikut:

  • Fitur aplikasi dokumentasi proyek, dilengkapi dengan data proyek, data photo perkembangan atau progress proyek, data lokasi proyek ditandai di dalam peta desa.
  • Aplikasi profil desa yang dikombinasikan dengan kabar dari warga desa. Sehingga web desa bukan hanya menampilkan tentang desa saja, tapi juga tentang warganya.

Itulah beberapa perbedaan mendasar antara klikdesa.com dengan web desa biasa. Perbedaan itu baru terasa sebenarnya setelah dibuka dan dipraktekan, selamat mencoba.

 

Salam desa

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *